Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sekolah berwawasan lingkungan hidup di SMP-IT Al-Farabi Pesawaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan kepala madrasah, waka kesiswaan, dan kordinator bidang. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta validasi dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah bewawasan lingkungan ecopesantren mandiri bekerjasama dengan stage holders sekolah. Hal ini terealisasi dalam pengorganisasian kepala sekolah berwawasan lingkungan hidup di SMP-IT Al-Farabi Pesawaran dilakukan dengan menyusun tim organisasi meliputi ketua program, koordinator program, koordinator bidang dan siswa. Pelaksanaan sekolah berwawasan lingkungan hidup di SMP-IT Al-Farabi Pesawaran menyesuaikan yang sudah ditetapkan diperencanaan dan untuk pelaksanaanya kegiatan program ecopesantren mandiri dalam kegiatan kurikuler tidak ada kurikulum untuk lingkungan hidup hanya menyisipkan nilai-nilai di mata pelajaran seperti di Aqidah ahklak. Evaluasi sekolah berwawasan lingkungan hidup di SMP-IT Al-Farabi Pesawaran melakukan rapat evaluasi dilakukan dengan cara fleksibel dan situasional. Evaluasi tidak mengikuti jadwal tetap dan dapat dilakukan kapan saja saat muncul masalah atau dalam rapat rutin
Copyrights © 2024