Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan

Pendidikan Budi Pekerti: Studi Kasus di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

suprihatin suprihatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Berkembang dimasyarkat saat ini semakin memarginalkan nilai-nilai budi pekerti dalam kehidupan keseharian. Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa timur yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur semakin memudar. Hal ini tidak terlepas dari kuatnya arus globalisasi yang melanda dunia termasuk kita bangsa Indonesia. Arus globalisasi dengan pasar bebas, pesatnya IPTEK dan keterbukaan dalam segala aspek kehidupan membawa sisi positif, diantaranya efisiensi dan efektivitas serta semakin maju dan sejahteranya masyarakat. Di sisi lainnya, juga berdampak negatif, diantaranya faham kebebasan yang berlebihan, individualistik, konsumerisme, kekerasan yang semakin marak, gencarnya budaya barat memasuki kehidupan masyarakat kita yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Fenomena diatas perlu diantisipasi dan difilter agar bangsa Indonesia tidak kehilangan jatidiri, dan identitas nasional serta perlu dipupuk rasa kebangaan sebagai bangsa Indonesia sebagai bangsa yang religius, mandiri, santun, dan sejahtera. Hasil penelitian menujukkan budi pekerti peserta didik pada kategori baik (tinggi) sebesar 37,5%, kategori peserta didik memiliki budi pekerti cukup baik (sedang) 43,8%, dan peserta didik yang memiliki budi pekerti kurang baik sebesar 18,8%.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...