Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan

Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual

Wira Dimuksa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usabilitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode WebQual 4.0. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan SIAKAD terhadap kepuasan pengguna penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna dan kinerja sistem digunakan metode Importance Performance Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified sampling dan teknik solvin untuk penarikan sampel hingga diperoleh 208 responden yang terdiri dari perwakilan tiap prodi. Dari hasil analisis regresi linier berganda, masing-masing variabel independen ditemukan memiliki nilai thitungttabel dan nilai Sighit sebesar 0,000 Sigprob yang bernilai 0,05 maka bisa dikatakan variabel Usability, Information Quality, dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna SIAKAD. Sedangkan pada Importance Performance Analysis didapatkan indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 berada pada kuadran satu, dengan gap masing-masing -1,16, -0,87, dan -2,58. Dari variabel kualitas layanan yang terdapat pada WebQual 4.0 masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction SIAKAD di STKIP PGRI Pacitan, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan SIAKAD yang diberikan oleh STKIP PGRI Pacitan kepada mahasiswa, maka akan meningkatkan citra lembaga di mata mahasiswa. Perlu adanya perbaikan pada indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 agar kinerja dari SIAKAD dapat memenuhi harapan dari pengguna, terutama pada variabel Interaction karena memiliki nilai gap terbesar yakni -0,89.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...