Kemampuan peserta didik kelas IV SD Negeri Beskalan 14 yang belum tepat dalam membaca nyaring menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Hal tersebut menjadi salah satu dampak dari rendahnya kemampuan membaca nyaring peserta didik. Dalam hal ini peneliti menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring. Penelitian tindakan kelas (PTK) menjadi metode penelitian yang digunakan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca nyaring melalui media audio visual. Pada kegiatan pra siklus hasil yang didapatkan adalah peserta didik yang mampu membaca nyaring hanya sebesar 34,7%. Setelah tindakan siklus I, berubah menjadi 43,4%. Sedangkan setelah tindakan siklus II meningkat sebesar 86,9%, artinya kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu kemampuan peserta didik kelas IV dalam membaca nyaring dapat meningkat melalui penerapan media audio visual.
Copyrights © 2024