JURNAL SAUDAGAR INDONESIA
Vol 1, No 2 (2022): Edisi November 2022

PENGARUH NORMA SUJEKTIF DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI SAYURAN ORGANIK DI KOTA BANDA ACEH

Fani Sartika (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Agusnawan Linu Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Ermad MJ (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Kecemasan terhadap praktik pertanian yang tidak bertanggung jawab menjadikan sayuran organik menjadi produk alternatif yang dicari konsumen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh norma subjektif dan harga terhadap minat beli sayuran organik di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuisioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah dan belum pernah mengonsumsi sayuran organik sejumlah 97 orang. Sampel diambil sebanyak 97 orang, atau dengan cara sensus, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel snowball. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara norma subjektif dan harga terhadap minat beli. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara norma subjektif terhadap minat beli, dan adanya pengaruh dan signifikansi antara harga terhadap minat beli. Variabel yang mendominasi minat beli sayuran organik di Kota Banda Aceh adalah harga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

JSI: Jurnal Saudagar Indonesia adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup kewirausahaan, manajemen UMKM, studi bisnis, manajemen SDM, manajemen strategi, manejemen keuangan perusahaan, manajemen pemasaran dan ...