JURNAL SAUDAGAR INDONESIA
Vol 2, No 1 (2023): Edisi Mei 2023

PENGGUNAAN FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA PEMASARAN OLEH PELAKU ENTREPRENEURSHIP LOKAL

Fani Sartika (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Instagram Stories adalah salah satu fitur yang ada pada media sosial Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten singkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana fitur Instagram Stories digunakan sebagai media pemasaran oleh pelaku entrepreneurship lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif. Data primer dalam penelitian didapatkan dengan melakukan pengamatan terhadap akun-akun Instagram aktif yang digunakan untuk bisnis dan melakukan wawancara terhadap responden, sedangkan data sekunder dari studi kepustakaan. Data kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram Stories dapat menjadi media pemasaran yang efektif bagi pelaku entrepreneurship lokal karena dapat meningkatkan customer engagemenet, kesadaran merek dan produk, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen, keputusan pembelian, dan volume penjualan. Hal ini didorong oleh beberapa faktor seperti kemudahan penggunaan, persepsi positif terhadap kegiatan pemasaran atau periklanan di sosial media, dan harga yang murah untuk beriklan. Bentuk pemasaran yang dilakukan di Instagam Stories dapat dilakukan lewat menjalin kedekatan komunikasi dengan kosumen, membuat konten pemasaran yang menarik dan informatif, mengoptimalkan penggunaan fitur yang tersedia, mengunggah konten berurutan, dan menggunakan label sponsored.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

JSI: Jurnal Saudagar Indonesia adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup kewirausahaan, manajemen UMKM, studi bisnis, manajemen SDM, manajemen strategi, manejemen keuangan perusahaan, manajemen pemasaran dan ...