Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS)
Vol. 4 No. 1 (2025): Februari 2025

Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan

Sulistyowati (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)
Istiyati Mahmudah (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)
Muhammad Syabrina (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)
Rahmad (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)
Setria Utama Rizal (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)
Abdul Wahid (IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka menjadi sebuah keharusan bagi sekolah atau madrasah, termasuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar Raudhah Kereng Pangi untuk menyesuaikan sistem pendidikan dan pembelajaran di satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka tidak serta-merta diserahkan kepada sekolah atau madrasah tanpa adanya panduan maupun pendampingan. Salah satu upaya pendampingan kepada sekolah atau madrasah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah melalui. Komunitas yang dibangun terdiri dari kalangan akademisi atau dosen, widyaiswara, kepala seksi (KASI) Pendidikan Madrasah, pengawas madrasah, Kepala Madrasah, dan guru. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pendampingan langsung ke MTs Ar Raudhah baik secara online maupun offline bersama anggota komunitas. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pendampingan ini berupa dokumen perangkat Implementasi Kurikulum Merdeka seperti Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), Modul Ajar, Modul P5RA, instrumen asesmen, pelaporan hasil belajar, dan lain sebagainya. Anggota komunitas secara aktif melakukan diskusi dan pembimbingan kepada madrasah untuk menyiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka beserta dengan teknis implementasinya di madrasah. Anggota komunitas juga berpartisipasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun kokurikuler. Komunitas melaksanakan lesson study terkait pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Komunitas juga berpartisipasi langsung dalam kegiatan P5RA di madrasah. Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas ini, diharapkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah dapat meningkat ke arah yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS) yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Halu Oleo. Terbitan dimulai pada bulan Februari 2022 dalam bentuk versi Online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Februari dan Agustus. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini ...