Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran Value Clarification terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja. Penelitian komparatif dilaksanakan menggunakan desain eksperimen yaitu True Experimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 MTs Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 53 orang. Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa yang menerapkan teknik pembelajaran Value Clarification di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja adalah sedang. Kedua: Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa yang tidak menerapkan teknik pembelajaran Value Clarification di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja adalah sedang. Ketiga: Terdapat pengaruh penerapan teknik pembelajaran Value Clarification terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja.
Copyrights © 2018