Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Islam: Al I'tibar

Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Mudah Nurnaningsih (Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)
Khuriyah (Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)
Andi Arif Rifa’i (Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)
Supriyanto Supriyanto (Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Seorang yang beragama Islam wajib menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Salah satu bentuk pendalaman Al Qur’an adalah menghafalkannya melalui program tahfidz.Tujuan menghafal Al Qur’an tidak hanya memindahkan teks atau alqur’an ke dalam otak tetapi agar terjadi internalisasi isi Al Qur’an kepada penghafalnya sehingga tercipta generasi Qur’ani. Artikel ini merupakan literatur review. Metode muroja’ah tahfidzul Qur’an dengan model simaan estafet memberikan kontribusi pada peningkatan prestasi belajar siswa. Metode muroja’ah simaan estafet efektif untuk menjaga agar hafalan tidak hilang dan metode muroja’ah dapat mempercepat dan meningkatkan hafalan siswa/santri baik kualitas dan kuantitasnya. Al Qur’an berisi pondasi dan prinsip sehingga dengan Al Qur’an mampu membentuk karakter individu dan membantu individu untuk mengembangkan kecerdasan otak. Aktifitas menghafal Al Qur’an memicu otak untuk mengeluarkan gelombang otak. Frekuensi gelombang otak ini mengalami perubahan sesuai dengan ayat atau surah yang dibaca. Gelombang otak ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekuatan otak. Siswa yang sering mendengarkan dan atau membaca Al Qur’an akan meningkatkan daya kreatifitas. Aktifitas menghafal Al Qur’an terbukti mempunyai pengaruh yang positif terhadap nilai akademik ujian nasional pada matapelajaran matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...