Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran PAI materi Sumber Hukum Islam pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu penyajian kelas, pembahasan materi, turnamen atau pertandingan, dan pemberian reward bagi kelompok dengan skor tertinggi. Faktor pendukung metode ini meliputi kesiapan guru, penguasaan materi, dan pemilihan strategi yang tepat. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti perbedaan daya pikir siswa, ketidakterbiasaan mereka dengan metode selain ceramah, kurangnya perhatian dalam pelaksanaan TGT, kesulitan memahami proses turnamen, serta gangguan dari siswa yang ribut sehingga mengurangi konsentrasi. Selain itu, keterbatasan waktu juga menjadi kendala dalam penerapan metode ini.
Copyrights © 2025