Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah pelayanan dalam melakukan transaksi digital dengan mempersiapkan inovasi berbasis online untuk mengelola semua data transaksi yang dihasilkan pada sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif karena dalam penelitian ini difokuskan pada meneliti obyek secara langsung. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti secara langsung pada sistem manual yang sudah berjalan. Metode penelitian dilakukan dengan cara interview dan observasi dari data sekunder yang diambil dari transaksi harian yang sudah dilakukan dan dirancang melalui aplikasi berbasis online. Tahap-tahap yang dilakukan dalam perancangan ini menggunakan aplikasi Visual studio berbasis web yang mana akan di control melalui server hosting sebagai pengendali untuk pengolahan dan pemprosesan data. Dan untuk database menggunakan database postgresSQL dimana nanti teknologi aplikasi yang dibuat akan terintegrasi melalui jaringan internet. Hasil dari penelitian ini yaitu memberikan Pelayanan yang murah kepada pelaksanaan kegiatan agar tidak melakukan pungutan yang tidak sesuai kepada peserta didik. Sehingga peserta didik tidak merasa terbebani dalam mengikuti kegiatan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah melalui sebuah transaksi berbasis online. Sistem pelayanan dan transaksi digital akan membantu seluruh orang tua dalam menentukan pilihan bagi putra putrinya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan teknik wawancara, setelah data terkumpulkan kemudian dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif. Tingkat kesiapan teknologi yang dihasilkan mempunyai nilai 4 karena produk sudah ready untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019