Penelitian ini bertujuan untuk memberikan stimulant pada sektor unggulan penyumbang APBN negara dari sektor non migas.Selama ini pariwisata memiliki fungsi luar biasa strategis dari segi ketahanan pangan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Hal ini membawa angin segar pada Industri rumah tangga yang merupakan penopang perekonomian negara, bagaimana tidak 65% kontribusi perekonomian di Indonesia disumbangkan dari UMKM yang berbasis industri rumah tangga. Batam merupakan Kawasan ekonomi khusus yang memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan pariwisata.Letak yang strategis dekat dengan pusat ekonomi ASEAN yaitu Singapore memberikan keuntungan bagi pengembangan pariwisata saat ini terlebih terkait dengan wisata kuliner. Kuliner dan pariwisata merupakan kultur identitas untuk memperkenalkan potensi suatu wilayah kepada masyarakat luar. Berkaitan dengan studi ini maka peneliti mengkaji eksistensi pemasaran digital sebagai akomodasi UMKM dalam mempromosikan produk kuliner halal melalui media sosial, search engine marketing dan website online. Penelitian ini mengambil sampel pada konsumen yang membeli makanan halal produksi UMKM di Batam sebesar 160 responden dimana dalam aplikasi di lapangan digunakan metode Proporsional sampling. . riset lapangan mengambil lokasi di 7 kecamatan di Batam yaitu Tembesi, Batam Centre Sekupang, Sei Beduk, Nongsa,Sagulung. Penelitian ini menggunakan analisis Structure Equation Model (SEM) agar mudah mengungkapkan masalah yang belum dapat di jawab dalam penelitian sebelumnya.
Copyrights © 2019