Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service)
Vol. 2 No. 3: October 2020

Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Piloting dalam Lesson Study for Learning Community di SMP Muhammadiyah 1 Malang

Fuad Jaya Miharja (Universitas Muhammadiyah Malang)
Husamah Husamah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Masrudi Masrudi (2SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Program pendampingan Lesson Study for Learning Community (LSLC) di Sekolah Muhammadiyah telah memasuki tahun ketiga dan terus dilakukan penyempurnaan program. Dalam pelaksanaannya ketersediaan dokumentasi pembelajaran masih menjadi tantangan yang perlu diselesaikan, karena ketersediaan dokumentasi empiric merupakan aspek fundamental dalam melakukan refleksi dan rencana tindaklanjut. Pendampingan dilaksanakan selama bulan Maret – Juli 2020 di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Metode pelaksanaan yang mengacu kepada analisis situasi program-program yang disepakati bersama dengan pihak sekolah adalah diskusi penyamaan persepsi, lokakarya, pendampingan, dan monitoring evaluasi. Kegiatan pendampingan telah menginisiasi guru dalam memaknai LSLC sebagai komunitas belajar dan memahami teknik dasar pelaksanaan observasi secara komprehensif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sasambo_Abdimas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) that publish 4 issues per year in February, May, August, and November. This journal accepts and publishes scientific articles that are ...