Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service)
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pelatihan Responden Sensori Pangan untuk Mahasiswa Program Studi Kehutanan Universitas Pendidikan Mandalika Menggunakan Variasi Skala Hedonik

I Gde Adi Suryawan Wangiyana (Universitas Pendidikan Mandalika)
Nova Kurnia (Universitas Pendidikan Mandalika)
I Gusti Agung Ayu Hari Triandini (Universitas Bhakti Kencana)
Putu Surya Wedra Lesmana (Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Responden sensori merupakan suatu profesi esensial yang berperan penting dalam pengembangan produk pangan di era industri modern saat ini. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan responden sensori kepada mahasiswa strata 1 Program Studi Kehutanan Universitas Pendidikan Mandalika dengan menggunakan variasi skala hedonik. Kegiatan ini menggunakan pendekatan assessing learning yang dibagi menjadi tiga tahap: teori, praktek, dan evaluasi. Sebanyak 30 orang partisipan dari mahasiswa Program Studi Kehutanan Universitas Pendidikan Mandalika dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pelatihan responden sensori menggunakan 2 skala hedonik yaitu: skala hedonik tingkat 5 dan skala hedonik tingkat 9. Sampel yang dijadikan bahan penilaian adalah teh herbal. Partisipan memberikan penilaian dalam parameter warna, aroma, dan rasa. Teh herbal dibuat dalam 4 konsentrasi berbeda untuk melatih sensitifitas partisipan dalam melakukan uji sensori. Hasil evaluasi menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan bahwa partisipan memperoleh peningkatan skor rata – rata sebesar 50% berdasarkan aspek kompetensi: penilaian kuantitatif uji sensori, penilaian deskriptif uji sensori, tingkat skala hedonik uji sensori, dan sensitifitas penilaian uji sensori. Skala hedonik tingkat 9 memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan skala hedonik tingkat 5 bagi partisipan. Hal ini terlihat dari nilai variabilitas data skala hedonik tingkat 9 (simpangan baku, standard error, dan varian) yang lebih tinggi dibandingkan skala hedonik tingkat 5. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan responden sensori pada mahasiswa strata 1 Program Studi Kehutanan Universitas Pendidikan Mandalika mampu meningkatkan pemahaman partisipan terkait uji sensori sebesar rata – rata 50% dengan efektifitas lebih tinggi pada skala hedonik tingkat 5 dibandingkan skala hedonik tingkat 9. Direkomendasikan untuk menggunakan skala hedonik tingkat 5 dalam pelatihan hingga partisipan mahir dibandingkan memaksakan menggunakan skala hedonik tingkat 9. Food Sensory Respondent Training for Forestry Student of Universitas Pendidikan Mandalika Using Various Hedonic Scale  Sensory respondents are an essential profession that is vital in developing food products in today's modern industrial era. The purpose of this community service activity is to provide sensory respondent training to undergraduate students of the Mandalika Education University Forestry Study Program using a variety of hedonic scales. This activity uses an assessing learning approach divided into three stages: theory, practice, and evaluation. A total of 30 participants from Student of Forestry Study Program of Universitas Pendidikan Mandalika are chosen using purposive sampling. The training of sensory respondents used hedonic scale level 5 and hedonic scale level 9. The sample used as the assessment material was herbal tea. Participants rated the color, aroma, and taste parameters. Herbal tea was made in 4 different concentrations to train participants' sensitivity in conducting sensory tests. Evaluation results using pre-test and post-test showed that participants obtained an average score increase of 50% based on competency aspects: quantitative assessment, descriptive assessment, hedonic scale level, and sensitivity of sensory test assessment. Hedonic scale level 9 has a higher difficulty level than the hedonic scale level 5 for participants. This result can be seen from the value of the hedonic scale 9 data variability (standard deviation, standard error, and variance), which is higher than the hedonic scale level 5. It can be concluded that the training of sensory respondents increased participants' understanding of sensory testing by an average of 50% with higher effectiveness on the hedonic scale level 5 than the hedonic scale level 9. It is recommended that sensory training for participant should be focused on hedonic scale level 5 instead of hedonic scale level 9

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Sasambo_Abdimas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) that publish 4 issues per year in February, May, August, and November. This journal accepts and publishes scientific articles that are ...