JAS (Jurnal Agri Sains)
Vol 8, No 2: Desember 2024

SALURAN PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI KECAMATAN MARDINDING KABUPATEN KARO

Br Singarimbun, Nadia Anastasya (Unknown)
Nasution, Suhela Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji saluran pemasaran kelapa sawit di Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, yang terdiri dari dua saluran pemasaran utama. Saluran I melibatkan petani, pedagang besar, dan pabrik kelapa sawit, sementara Saluran II melibatkan petani, agen (supplier), dan pabrik kelapa sawit. Dengan Harga Jual petani ke Pedagang Besar Sebesar Rp 1.930/Kg, sedangkan harga jual petani ke PKS melalui agen (supllier) sebesar Rp 1.950/Kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya margin pemasaran kelapa sawit (TBS) pada Saluran I sebesar Rp 280/Kg dan pada Saluran II sebesar Rp 20/Kg. Farmer’s Share pada Saluran I tercatat sebesar 87,3%, sedangkan pada Saluran II sebesar 99%. Efisiensi saluran pemasaran juga dianalisis, dengan Saluran I memiliki efisiensi sebesar 25,1% dan Saluran II sebesar 17,4%. Kedua saluran pemasaran tersebut dinilai efisien, namun Saluran II lebih efisien dibandingkan Saluran I karena nilai efisiensi yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Saluran II merupakan saluran pemasaran yang lebih efisien untuk kelapa sawit di Kecamatan Mardinding.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JAS (Jurnal Agri Sains) adalah open access jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo. JAS menerbitkan hasil penelitian original, skripsi, tesis dan review artikel dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan agribisnis. JAS juga menerima karya ...