Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal, untuk menganalisis posisi produk benih padi bersertifikat serta untuk menganalisis strategi pemasaran dan distribusi benih padi unggul bersertifikat di Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan konsep manajemen strategi pemasaran dan mengevaluasi perhitungan perubahan lingkungan internal dan eksternal, dimana data dan informasi yang terkumpul diolah dan di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk analisis posisi produk benih padi bersertifikat menggunakan Matrik BCG. Selanjutnya untuk strategi pemasaran benih padi unggul bersertifikat menggunakan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kondisi lingkungan internal Balai Benih Induk Provinsi Jambi, memiliki nilai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelemahan. Sedangkan kondisi lingkungan eksternal Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi memiliki nilai peluang yang lebih tinggi dari pada nilai ancaman. Ini berarti lingkungan internal dan eksternal Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi sudah efektif. Kemudian dilanjutkan dengan analisis posisi produk benih padi unggul bersertifikat di Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi pada matriks BCG berada pada kuadran “Cash Cow”. Untuk strategi pemasaran benih padi bersertifikat di Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi, posisi yang telah diketahui dalam matriks posisi SWOT. Strategi pemasaran dan distribusi benih padi unggul bersertifikat di Balai Benih Induk Padi Provinsi Jambi saat ini secara ekonomis telah efisien.
Copyrights © 2024