Meskipun minat untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang baru dan menarik semakin meningkat, tidak semua destinasi tersebut mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Kendala informasi dan aksesibilitas menjadi tantangan utama dalam mengakses destinasi wisata yang tersembunyi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan destinasi wisata tersembunyi dan menarik. Metode utama yang digunakan adalah model pengembangan waterfall, yang memungkinkan pembuatan sistem dilakukan secara terstruktur sesuai dengan siklus pengembangan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital seperti peta interaktif dan rekomendasi berbasis data sangat efektif dalam membantu wisatawan menemukan lokasi-lokasi tersembunyi. Evaluasi terhadap platform ini juga menunjukkan kemampuannya dalam menghubungkan wisatawan dengan destinasi tersembunyi, mendukung pariwisata berkelanjutan, dan mengembangkan model promosi yang dapat diterapkan secara global untuk mendiversifikasi pariwisata serta mendukung ekonomi lokal.
Copyrights © 2024