Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi November 2024

Upaya Penguatan Literasi melalui Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar di Lubuk Gadang Nagari Koto Tangah

Dede Darmawan Rangkuti (Unknown)
Fadlan Ali Nasution (Unknown)
Muhammad Sapar Nasution (Unknown)
Warisatul Ummi (Unknown)
Syahriani (Unknown)
Renda Zelkasih (Unknown)
Anisa Yanti (Unknown)
Nurul Izzah Tanjung (Unknown)
Fadhilah Ramadani (Unknown)
Resdilla Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Program ini bertujuan mendorong minat belajar masyarakat, terutama generasi muda, melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Pembelajaran dilakukan secara nonformal di Posko, dua kali seminggu, pada hari Kamis dan Minggu. Metode yang digunakan yaitu metode PAR (Participation Action Research) yang meliputi tahap perencanaan dengan membentuk kelompok- kelompok yang berfungsi sebagai tim diskusi ketika belajar berlangsung, dan pelaksanaanya dilakukan dengan mengamati kemampuan anak- anak di lingkungan sekitar dan melakukan wawancara kepada anak- anak tersebut dan setelah itu tim pengabdi menyusun rencana untuk pelaksanaan pengabdian tersebut. Melalui metode ini, peserta tidak hanya dituntut untuk memahami materi, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan minat belajar pada peserta, terutama dalam kemampuan berbahasa asing dan keterampilan menulis kreatif. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat rasa percaya diri peserta dalam berkomunikasi dan mengekspresikan ide mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Other

Description

Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang dilakukan oleh akademisi, praktisi, dan lembaga-lembaga non-profit yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan ...