Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang menarik bagi seluruh orang di dunia karena budaya yang kaya dan kontribusi signifikan dalam bidang teknologi, seni, dan ekonomi. Bahasa jepang memiliki sistem tulisan yang rumit karena terdiri dari 3 aksara utama yaitu hiragana,katakana dan kanji. Kebanyakan pelajar mengalami kesulitan dalam mempelajari tulisan tersebut. Dengan permasalahan tersebut penulis ingin membentuk suatu media pembelajaran yang menampilkan objek 3 dimensi yang berupa huruf pada bahasa jepang dalam bentuk augmented reality dengan memanfaatkan smartphone android. Aplikasi augmented reality ini mampu menampilkan objek 3 dimensi tanpa memerlukan penanda (marker) sehingga mempermudah dalam proses tracking. Penulis menerapkan metode Multimedia Development Life Cycle dalam proses pengembangan aplikasi disertai blackbox testing untuk menguji fungsionalitas aplikasi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kualitatif dengan pendekatan wawancara yang dilakukan pada 30 orang pelajar bahasa jepang di kota Batam guna mengetahui pengaruh aplikasi ini terhadap pembelajaran bahasa jepang khususnya tingkatan N5. Hasil pengujian aplikasi ini yang didapat dari proses wawancara pada 30 orang peserta wawancara menjelaskan bahwa media pembelajaran bahasa Jepang N5 dengan penerapan augmented reality diminati dikalangan pelajar pemula dikarenakan membantu dalam mengingat huruf jepang secara visual dan informasi yang disajikan cukup lengkap, Adapun aplikasi ini juga masih memiliki kekurangan dari segi pembelajaran grammar sehingga pelajar masih tetap harus belajar melalui media lain yang lebih lengkap. Aplikasi belajar bahasa Jepang N5 berbasis Android diharapkan dapat membantu menunjang pembelajaran bahasa Jepang
Copyrights © 2024