Solidarity : Journal of Education, Social dan Culture
Vol. 13 No. 1 (2024): SOLIDARITY

Habituasi Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Muhammadiyah 1 Semarang

Budiyono, Muhammad (Unknown)
Pramono, Didi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya krisis moral yang terjadi pada remaja akibat kenakalan remaja yang ada di daerah perkotaan. Muhammadiyah sebagai salah satu lembaga Islam terbesar di Indonesia mampu mengatasi kenakalan remaja melalui habituasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan kepada para siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui habituasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam pembentukan karakter siswa SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Habitus Pierre Bourdieu. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Semarang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan Habituasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang berhasil membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Nilai-nilai Kemuhammadiyahan yang diterapkan yaitu nilai akhlak, akidah, dan ibadah. Pelaksanaan habituasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solidarity

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Solidarity: Journal of Education, Society and Culture starting in 2024 migrates to better secure from various unwanted things, including journal hacking and so on. To submit, the author please visit the new website page of our journal at the link ...