Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol. 19 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia

Pengaruh Penerapan PBL Bervisi SETS dengan Kerangka Kerja Paul-Elder Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Ina Anggreani (Universitas Negeri Semarang)
Harjito Harjito (Unknown)
Woro Sumarni (Unknown)
Sri Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mencerminkan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan dinamis, didorong oleh kemajuan teknologi, perubahan ekonomi, dan tuntutan kemampuan baru yang diperlukan untuk berhasil di era ini. Penelitian ditujukan untuk dapat menyelidiki pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan PBL bervisi SETS dengan kerangka kerja Paul-Elder berbantuan video pembelajaran terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang diterapkan yakni eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Kelompok yang melakukan eksperimen dan kelompok kontrol merupakan dua kelompok yang mengikuti penelitian. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) Bervisi SETS dengan kerangka kerja paul-elder yang dilengkapi oleh video pembelajaran. Sedangkan untuk kelompok kontrol hanya diberikan perlakuan PBL. Instrumen penelitian melibatkan soal pre-test dan soal post-test. Data penelitian ini dianalisis kemudian diambil sebuah kesimpulan. Temuan dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa penerapan PBL bervisi SETS dengan kerangka kerja Paul-Elder yang didukung oleh video memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 15%. Sebaliknya, sebanyak 85% dari faktor-faktor lain juga turut memengaruhi hasil tersebut

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPK

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia a scientific periodical published by the Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang with the aim to promote creativity scholarly professors or academics from various institutions in general and the academic ...