Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol. 18 No. 2 (2024)

Korelasi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kualitas Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi

Melly Rihmahwati (Universitas Negeri Semarang)
Harjono Harjono (Universitas Negeri Semarang)
Sri Susilogati Sumarti (Unknown)
Agung Tri Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi minat belajar, motivasi berprestasi, dan kualitas pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Sampel sebanyak 97 siswa SMAN 1 Banyumas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, lembar observasi, dan lembar penilaian diri dengan teknik analisis PLS-SEM. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar, motivasi berprestasi, kualitas pembelajaran, dan kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata persentase berturut-turut 74,89; 80,31; 79,53; dan 67,08%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) minat belajar dan kualitas pembelajaran tidak berkorelasi signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) motivasi berprestasi berkorelasi signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, 3) minat belajar dan motivasi berprestasi berkorelasi signifikan terhadap kualitas pembelajaran, 4) kualitas pembelajaran tidak memediasi korelasi minat belajar dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir kritis, 5) minat belajar berkorelasi signifikan terhadap motivasi berprestasi, dan 6) motivasi berprestasi memediasi korelasi minat belajar terhadap kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPK

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia a scientific periodical published by the Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang with the aim to promote creativity scholarly professors or academics from various institutions in general and the academic ...