UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 13 No. 1 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan

Yuliananto, Aditya (Unknown)
Subali, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Momentum merupakan besaran fisika yang abstrak sehingga membuat peserta didik kurang memahami konsep momentum dalam fisika. Media pembelajaran berbasis Scratch dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjelaskan konsep momentum beserta materi turunannya seperti impuls dan tumbukan. Media pembelajaran juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik yang merupakan solusi dari permasalahan dalam pembelajaran fisika yaitu kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan menguji respon serta tingkat pemahaman konsep momentum, impuls, dan tumbukan mahasiswa terhadap media pembelajaran berupa permainan berbasis Scratch. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah telah dikembangkan media pembelajaran Berbasis Scratch Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Respon mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran sebesar 87,67% dalam kategori sangat baik. Hasil T Paired Tes menunjukkan bahawa terjadi peningkatan signifikan pemahaman konsep momentum, impuls, dan tumbukan pada mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...