UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 13 No. 2 (2024)

Kajian Literatur Trend Penelitian E-LKPD Berbasis STEM pada Bidang Fisika Tahun 2019-2024 di Indonesia

Nike Putri Martiani (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang)
Bambang Subali (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam dunia pendidikan memerlukan inovasi perangkat pembelajaran seperti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan secara elektronik yaitu E-LKPD. Pendekatan yang dapat digunakan pada E-LKPD adalah pendekatan STEM. STEM merupakan pendekatan yang mempersiapkan peserta didik mampu berpikir ilmiah dan memanfaatkan teknologi di masa depan. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi pada alam ini. Review artikel ini bertujuan untuk mengetahui trend penelitian E-LKPD berbasis STEM pada bidang fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review terkait perkembangan E-LKPD berbasis STEM pada bidang fisika yang dianalisis dari 13 artikel jurnal dan 1 prosiding yang terindeks Google Scholar dari rentang tahun 2019-2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Trend penelitian E-LKPD berbasis STEM meningkat secara signifikan setiap tahunnya, (2) Perguruan tinggi yang melakukan riset tentang E-LKPD paling banyak adalah Universitas Lampung, (3) Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian terkait adalah problem based learning, project based learning, discovery learning, dan inqury, (4) Materi pokok fisika yang mendominasi penelitian terkait Persamaan Garis Lurus dan Tekanan Zat (5) Penelitian E-LKPD berbasis STEM pada bidang fisika menggunakan aplikasi yang bervariatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...