Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan. Praktik untuk materi renangpada saat proses pembelajaran olahraga pernah terlaksana dengan baik, namun padasaat ini kegiatan tersebut sudah tidak terlaksana. Hal tersebut dikarenakan faktorpenghambat diantaranya faktor finansial, kondisi ekonomi orang tua murid yangmayoritas kurang mampu menjadi masalah dalam pelaksanaan mata pelajaran olahragarenang. Selanjutnya, lokasi SD yang jauh dari tempat gedung olahraga yang terdapatfasilitas kolam renang, serta adanya retribusi tiket masuk. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat proses pembelajaran renang padasiswa siswi di SD Negeri Kalimati 01 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian inimenggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan surveydalam pengumpulan data dengan memanfaatkan kuesioner sebagai instrumentpenelitian. Populasi penelitian ini mencangkup seluruh siswa SD Negeri Kalimati 01TA 2023/2024 yang berjumlah 69 peserta didik. Sedangkan pengambilan sampelmenggunakan total sampling/penelitian populasi. Yang melibatkan seluruh siswa dariSD Negeri Kalimati 01 yang merupakan populasi penelitian. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang menjadi penghambat dalam prosespembelajaran renang pada siswa SD, diantaranya: faktor guru, faktor siswa, faktorkurikulum, faktor sarana dan prasarana, faktor orang tua. Dari temuan tersebut dapatdisimpulkan bahwa terdapat lima faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaranrenang pada siswa SD. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini diharapkan dapatmemberikan kontribusi berharga dalam meningkatkan kualitas pembelajaran renang diSD Negeri Kalimati 01, serta menjadi panduan bagi pengambil kebijakan dan praktisipendidikan di tingkat dasar.
Copyrights © 2024