Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian pendidikan karakter dalamRPP PJOK Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Rakit. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam RPPPJOK. Dari 18 aspek pendidikan karakter yang dianalisis, dapat ditemukan bahwasebanyak 10 aspek pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam RPP yang antara lainreligius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu,komunikatif, dan tanggung jawab. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagian besarpendidikan karakter sudah diintegrasikan sebanyak 10 pendidikan karakter yakni religius,jujur, disiplin, mandiri, demokratis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, komunikatif dantanggung jawab. Sebagian kecil pendidikan karakter belum terintegrasi sebanyak 8pendidikan karakter yakni toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai,gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial.
Copyrights © 2024