Terdapat perbedaan materi gerak berirama yang diberikan dan kesulitan mempersiapkanperencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian untukmengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran aktivitasgerak berirama pada kelas V SD Negeri kecamatan Gunungpati tahun ajaran 2023/2024.Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek 4 guru penjas melalui teknikpengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitukemampuan guru dalam proses pembelajaran meliputi perencanaan dilakukan denganpersiapkan ATP dan Modul Ajar dari pemerintah lalu dimodifikasi didahului asesmendiagnostik, pelaksanaan pembelajaran melalui senam kreasi atau senam baku yangberpusat kepada peserta didik, dan penilaian proses pembelajaran dilakukan secaraformatif selama pembelajaran serta sumatif di akhir pembelajaran namun membuatinstrumen penilaian sendiri yang diambil dari indikator pada modul ajar. Kesimpulannyayaitu kemampuan guru dalam proses pembelajaran aktivitas gerak berirama meliputiperencanaan telah dilakukan 3 guru, pelaksanaan oleh 3 guru, dan penilaian formatif oleh 4 guru serta penilaian sumatif oleh 3 guru. Penelitian selanjutnya diharapkanmenambah kriteria sumber informan yang lebih spesifik dan lebih meluas tidak hanyapembelajaran aktivitas gerak berirama pada kelas V tingkat sekolah dasar.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024