Implementasi yang diterapkan masih menggunakan metode lama dan kurangnyapengetahuan guru dalam mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan,dikarenakan pengajar sulit untuk adaptasi dengan kurikulum yang baru, Sehinggapelaksanaan pembelajaran masih belum terlaksana sesuai dengan kurikulum merdekabelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan, keterampilandan sikap guru pendidikan jasmani dalam kurikulum merdeka. Jenis pendekatan yangdi gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian inimenggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian inimeliputi pengetahuan, keterampilan dan juga sikap dalam kurikulum merdeka.Aktivitas dalam analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dankesimpulan. Hasil penelitian yaitu menggunakan responden dari kepala sekolah, gurupendidikan jasmani dan perwakilan siswa kelas 2 dan kelas 5. Semua sekolah dasarnegeri di Kecamatan Belik sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar.Pengetahuan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sudah dapatdikatakan baik sesuai dengan perolehan hasil dari penelitian dilapangan.Simpulandari penelitian ini yaitu Semua sekolah dasar negeri di Kecamatan Belik sudahmenerapkan kurikulum merdeka belajar. Bebarapa saran dari kepala sekolah dan guruPJOK untuk dinas pendidikan dan kemendikbud untuk mengevaluasi lebih dalammengenai strategi atau metode yang digunakan dalam kurikulum merdeka belajar. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024