"Indonesian Journal for Physical Education and Sport "
Vol. 5 No. 1 (2024)

Penerapan Modifikasi Permainan Kasvol Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Srondol Wetan 04

Nur Rizal Amanullah (Universitas Negeri Semarang)
Roas Irsyada (Universitas Negeri Semarang)
Agung Wahyudi (Universitas Negeri Semarang)
Dwi Tiga Putri (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menerapkan modifikasi permainanKasvol sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dSD Srondol Wetan 04. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakankelas dengan melibatkan 30 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melaluobservasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelumdan setelah penerapan modifikasi permainan Kasvol. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penerapan modifikasi permainan Kasvol efektif dalam meningkatkan motivasbelajar siswa. Ditemukan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa,keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan semangat belajar. Modifikasi permainan inmenciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebihtermotivasi untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka Penelitian inmemberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang dapatdiadopsi oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitianini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program pembelajaran yanglebih inovatif dan menarik di tingkat pendidikan dasar, dengan memanfaatkanpermainan sebagai alat pembelajaran yang efektif. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inapes

Publisher

Subject

Other

Description

Final decision of articles acceptance will be made by Editors according to reviewers comments. Publication of accepted articles including the sequence of published articles will be made by Editor in Chief by considering sequence of accepted date and geographical distribution of authors as well as ...