Journal for Quality in Women's Health
Vol. 1 No. 2 (2018): Journal for Quality in Women's Health

Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan non BPJS di Ruang Bersalin RSUD Soegiri Lamongan Jawa Timur

Lilik Darwati (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Latar Belakang: Setiap pasien selalu mengharapkan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat tercapai kepuasan. Oleh karenanya setiap unit pelayanan kesehatan harus memberikan pelayanan yang sama kepada setiap pasien baik sebagai pasien BPJS maupun non BPJS. Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan pada pasien BPJS dan Non BPJS di Ruang Nifas Kelas II RSUD Soegiri lamongan. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik yang dilakukan dengan metode cross sectional. Populasi adalah populasi terhingga (finite population) yaitu ukuran populasi yang besarnya masih bisa dihitung (cauntable) dengan sample 70 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah jenis kepesertaan pasien BPJS dan non BPJS terikatnya kepuasan terhadap pelayanan kebidanan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Mann Whitney.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JQWH

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal for Quality in Women’s Health is journal published by Midwefery Education Program of Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia. This journal contains the science of pregnancy, childbirth, and breastfeeding, periods of interval and regulation of fertility, climacterium and menopause, newborn ...