AL-KILMAH
Vol. 3 No. 2 (2024): December 2024. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Analisis Dinamika Minat Belajar Bahasa Arab di Era Digital: Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pone Limboto Barat

Ayuba Pantu (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Zulaeha Zulaeha (IAIN Kendari)
Fira Sutira Damulawan (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pone, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo. Bahasa Arab memiliki peran penting sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan, terutama dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Meskipun demikian, kenyataannya masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya, yang berdampak pada rendahnya minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta didik kelas VIII. Data dianalisis secara statistik menggunakan teknik persentase untuk mengetahui tingkat minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar ini meliputi persepsi peserta didik terhadap bahasa Arab, metode pembelajaran yang digunakan guru, serta interaksi dalam proses belajar mengajar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih menarik, komunikatif, dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...