E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 16, No 1 (2025): E-DIMAS

PKM Kelompok Belajar Mewarnai Sanggar Seni Lukis: Penanaman Life Skill Berbasis Produk Plasterkit dalam Menumbuhkan Kompetensi Kreatif pada Anak Warga Belajar Kabupaten Kudus

Rofian Rofian (Universitas PGRI Semarang)
Singgih Adhi Prasetyo (Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Gotsa Khusnun Naufal (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Sanggar studio seni, adalah platform komunitas belajar melukis. Merupakan wadah menaungi anak TK/PAUD hingga SMA untuk belajar dan bermain berbasis penciptaan produk seni. Belajar menggambar, mewarnai, mural atau melukis secara klasikal maupun privat. Sanggar seni Ar(t)sada merupakan mitra yang berlokasi di desa Singocandi, Kabupaten Kudus. Sanggar ini memiliki peluang bagus memberikan pengaruh positif bidang seni rupa. Kabupaten Kudus tergolong daerah perkotaan kecil namun padat penduduknya. Masyarakatnya bercirikan tenaga kerja terdidik berdaya saing tinggi. Hal ini berdampak pada persaingan kebutuhan belajar dan Pendidikan di Kudus. Contohnya sekolah bermitra dengan berbagai seniman dan sanggar seni untuk berpartisipasi dalam pembelajaran melukis sebagai ekstrakurikuler. Tujuannya untuk mempromosikan sekolah agar memiliki fasilitas tambahan. Berdasarkan fenomena tersebut, tim PKM UPGRIS menawarkan program melukis menggunakan produk plester sebagai metode pengajaran alternatif untuk mendorong kecakapan hidup, mengembangkan kemampuan kreatif siswa. Permasalahan mitra adalah: (1) bahan dan alat melukis masih sama (melukis dan melukis di atas kertas), (2) pembekalan kecakapan hidup (life skill) anak belajar belum lengkap, (3) perlunya banyak bekerjasama dengan sekolah, untuk memajukan sekolah. Tujuan dan solusi yang diusulkan adalah: (1) memberikan pengetahuan yang menanamkan keterampilan dalam penciptaan seni sebagai alternatif kemampuan kreatif anak, (2) memberikan pemahaman tentang pentingnya kerjasama dengan anak sekolah. pendidikan kreatif di sekolah melalui pembelajaran ekstrakurikuler. (3) Pemantauan dan evaluasi dilakukan sebagai bentuk kemitraan PKM yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...