E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 16, No 1 (2025): E-DIMAS

Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Inovasi Pembelajaran bagi Guru-guru IPA di MGMP Kabupaten Kendal

Haryanti, Eny Hartadiyati Wasikin (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Dalam menjalankan tugas melakukan pembelajaran, guru dituntut melakukan inovasi untuk mengembangkan potensi peserta didik sehingga menjadi individu yang dapat adaptif di era abad 21 yang penuh tantangan dan kompetitif. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merombak pendekatan konvensional yang hanya menggunakan metode seragam bagi seluruh peserta didik, diubah menjadi cara pengajaran yang lebih personal dan adaptif. Pemahaman dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi sebagai pembelajaran inovatif bagi guru-guru IPA se Kabupaten Kendal perlu ditingkatkan mengingat pembelajaran inovatif dibutuhkan di era abad 21, maka tim pengabdian Universitas PGRI semarang memberikan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru IPA se Kabupaten Kendal. Dalam hal ini tim pengabdian berkoordinasi dengan MGMP IPA Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi kegiatan pemberian materi pembelajaran berdiferensiasi dan pelatihan pembuatan modul ajar IPA pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya implementasi modul ajar dalam bentuk peer teaching. Keanekaragaman kebutuhan peserta didik membuat guru selalu berinovasi dalam pembelajarannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...