E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 15, No 4 (2024): E-DIMAS

Penguatan Keterampilan Penulisan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Madrasah Mitra Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui Pendekatan Pemberdayaan Komunitas Berbasis Aset

Rizka Safriyani (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Siti Asmiyah (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Dalam penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah, modul ajar merupakan salah satu kunci sukses pelaksanaan pembelajaran yang perlu disiapkan guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapan guru dalam mengembangkan modul ajar guna melaksanakan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris, memetakan aset yang sudah dimiliki oleh sekolah tersebut untuk mendukung pengembangan modul ajar untuk implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan memetakan model skema diseminasi informasi yang diinisiasi madrasah pelaksana kurikulum merdeka untuk program pengembangan kurikulum merdeka di wilayahnya. Peserta utama kegiatan ini adalah peserta pelatihan guru yang mengajar di Madrasah Negeri dan Madrasah Swasta Mitra Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UINSA di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto yang bergabung secara sukarela. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah modul ajar guru, wawancara, FGD, survey dan observasi. Pendekatan ABCD digunakan untuk pelaksanaan pengembangan modul ajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian pengabdian menunjukkan bahwa kesiapan guru di madrasah untuk mendesain modul ajar kurikulum merdeka cukup tinggi jika ditinjau dari beberapa aspek seperti kondisi kerja, kualifikasi guru, kesiapan TIK dan in service training. Temuan lain menunjukkan, asset yang dapat digunakan untuk mendukung pengembangan modul ajar untuk implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris yaitu asset fisik, asset sumber daya manusia, kisah sukses dan asset asosiasi dan institusi. Hasil penelitian juga menunjukkan skema diseminasi yang digunakan untuk program pengembangan kurikulum merdeka di wilayahnya adalah dengan mode luring dan mode daring menggunakan google site. Rekomendasi dan implikasi disajikan dalam pengabdian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...