Jurnal Cermatika
Vol. 3 No. 1 (2023): VOLUME 3 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2023

Penerapan Hands On Mind On Activity Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Negeri 1

Trio Kharisma (Universitas Graha Nusantara)
Yuni Rhamayanti (Universitas Graha Nusantara)
adek Nilasari Harahap (Universitas Graha Nusantara)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Hands on minds on activity dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aturan pencacahan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dari 30 orang siswa pada tes awal terdapat 11 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 36,7% dengan nilai rata- rata 53,8 ternyata pada tes awal belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus I ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa sedikit meningkat yaitu terdapat 16 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 53,3% dengan nilai rata-rata 60,8, ternyata pada siklus I belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus II ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu terdapat 26 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar 86,7% dengan rata- rata 73,9. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan aturan pencacahan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Hands on mind on activity dengan pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cermatika

Publisher

Subject

Religion Automotive Engineering Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Jurnal Cermatika means pedagogy or the science of learning, so Jurnal Cermatika is defined as mathematics learning. The presence of mathematics journals is expected to increase the publications in the field of mathematics learning in order to discuss mathematics issues such as students’ perception ...