cover
Contact Name
-
Contact Email
prodimtkugn85@gmail.com
Phone
+6281270214014
Journal Mail Official
prodimtkugn85@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan Alamat : Jl.Kolonel Hamzah Lubis. No.30
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Cermatika
ISSN : -     EISSN : 27766039     DOI : -
Jurnal Cermatika means pedagogy or the science of learning, so Jurnal Cermatika is defined as mathematics learning. The presence of mathematics journals is expected to increase the publications in the field of mathematics learning in order to discuss mathematics issues such as students’ perception of mathematics as a difficult subject. Jurnal Cermatika is a periodical academic journal that is published by the Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara. This Journal is published twice a year (April and October).
Articles 45 Documents
MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN A mandopa saputra
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dari skor angket motivasi belajar matematika siswa maka diperoleh rata-rata 76 dengan simpangan baku 4,50 pada kelas eksperimen yang diterapkan pendekatan SAVI dan rata-rata 65 dengan simpangan baku 4,38 pada kelas kontrol yang diterapkan pendekatan konvensional. Uji normalitas pada kelas eksperimen L0 = 0,1296 dan Ltabel = 0,1730 maka L0 < Ltabel ( 0,1296 < 0,1730 ) dan pada kelas kontrol L0 = 0,1220 dan Ltabel = 0,1730 maka L0 < Ltabel ( 0,1220 < 0,1730 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa angket siswa kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji homogenitasnya diperoleh hasil Fhitung < Ftabel yaitu (1,073 < 1,87). Dilihat dari uji hipotesis data skor angket motivasi belajar matematika thitung > ttabel (9,13 > 1,674 ) yang mana H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara pendekatan SAVI dengan pendekatan konvensional pada kubus di kelas VIII siswa SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KELAS VIII HALONGONAN TAHUN AJARAN 2020-2021 Nur dalilah
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 kelas VIII Halongonan Tahun Ajaran 2020-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Halongonan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan Materi Pola Bilangan. Subjek dalm penelitian ini adalah kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Halongonan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melaui model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Halongonan pada materi Pola Bilangan tahun pelajaran 2020/2021 meningkat sebesar 73,31 dengan kategori “Cukup” pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,73 dengan kategori “Baik” pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa sudah terpenuhinya kategori yang diharapkan yaitu dengan rata-rata nilai 75 dan ketuntasan klasikal 70% siswa memperoleh nilai minimal Baik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BILANGAN RASIONAL BERPANGKAT BILANGAN BULAT adek nila sari
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Serta melihat ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes hasil belajar pada materi bilangan rasional berpangkat bilangan bulat. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5008 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh 27 dari 30 siswa (92,5%) telah tuntas belajar dan 3 siswa (7,5%) siswa tidak tuntas belajar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH puspa riani nasution
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: Peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pengajaran langsung, Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Padangsidimpuan.Secara acak, dipilih satu sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Negeri 3Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi Analisis data dilakukan dengan analisis covarians (ANACOVA).Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika dibandingkan siswa yang pembelajaran dengan model pengajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS VII-2 SMPN 5 SIABU syntia dewi
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui model teams Games Tournament (TGT) di ke kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yaitu merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Alasan pemilihan kelas ini adalah karena di kelas ini prestasi belajar siswanya masih relatif rendah Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa melalui Model PembelajaranTeams Games Tournament(TGT) dengan Menggunakan Alat Peraga Roda Bangun Datar dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu”. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase pemahaman konsep matematika siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 23,07% meningkat menjadi 46,15%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 65,38% meningkat menjadi 80,76%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI PONPES SALAPIAH GUNUNG SILAYANG LAYANG awaludin hasibuan; Mohd arifin; susi sulastri lubis
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 2 (2021): JURNAL CERMATIKA, VOLUME 1, NOMOR 2, OKTOBER 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the magnitude of the increase in students' mathematics learning outcomes through the Problem Based Instruction (PBI) learning model for learning mathematics with Single Variable Linear Equation System material in class VII Ponpes Salapiah Gunung Silayang-Layang for the academic year 2020-2021. This type of research is Classroom Action Research (CAR) which consists of 2 cycles. The subjects in this study were Class VII students at Ponpes Salapiah Gunung Silayang Layang Padangsidimpuan, on the material of linear equations of one variable. While the object of this research was the application of the Problem Based Instruction (PBI) Learning Model to the learning outcomes of mathematics at Ponpes Salapiah Gunung Silayang Layang Padangsidimpuan, on one variable linear equation material. The results showed that the ability of student learning outcomes in learning mathematics through the Problem Based Instruction (PBI) learning model of class VII-2 Islamic boarding school Salapiah Gunung Silayang-Layang in the One Variable Linear Equation material for the 2020/2021 school year increased by 71.85 with the category " Enough” in the first cycle, then increased to 88.55 with the “Good” category in the second cycle. The results obtained in the second cycle indicate that the expected category has been fulfilled, with an average score of 75 and classical completeness 75% of students obtaining a minimum score of Good.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA KAMPUS PADANGSIDIMPUAN Haritsah Hammamah Harahap
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 2 (2021): JURNAL CERMATIKA, VOLUME 1, NOMOR 2, OKTOBER 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the extent of the influence of the blended learning model on the creative thinking ability of students on the subject of straight-line equations in class VIII of Private Junior High School, Padangsidimpuan Campus. This type of research is an experimental research designed in a one group pretest posttest design model. The population in this study were all eighth grade students of the Padangsidimpuan Private Junior High School, as many as 136 students consisting of 4 classes. The sample is part of the population that is considered to represent the population to be used as a source of data or information in a study. The sampling technique used is cluster random sampling where each class has the same opportunity to become the research sample. The class that became the sample was class VIII-3, which consisted of 33 students. The results showed that students' mathematics learning outcomes using the blended learning model were higher with an average of 74.09 than students' mathematics learning outcomes using direct or face-to-face learning models with an average of 66.36. Based on the results of hypothesis testing at a significance level of 5% using Minitab software, it can be concluded that there is an effect of the blended learning learning model on the creative thinking ability of students on the subject of straight line equations in class VIII of Private Junior High School, Padangsidimpuan Campus.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BENTUK DAN OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESITASI PLUS SNOWBALL THROWING DI KELAS VII – 2 MTs.YPKS PADANGSIDIMPUAN T.A 2020-2021 yulia rizka lubis; agus makmur; adek nilasari Harahap
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 2 (2021): JURNAL CERMATIKA, VOLUME 1, NOMOR 2, OKTOBER 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to find out the great improvement of students' creative thinking skills through the Recitation Plus Snowball Throwing learning model of material mathematics Learning Form and Operation of Fractional Numbers in grades VII-2 MTs YPKS Padangsidimpuan Year 2020/2021. This type of research is Class Action Research (PTK) consisting of 2 Cycles. The subject of the study was class VII-2 of 20 people. Women as many as 10 men and 10 men. The object taken in this study is the use of the Recitation Plus Snowball Throwing learning model in an effort to improve students' creative mathematical thinking skills on the subject of Fractional Number Form and Operation. The results showed that the results of the student's creative thinking skills test by applying the Recitation Plus Snowball Throwing learning model with a minimum assessment criteria of "Sufficient" in cycle I obtained a percentage of 70% and in cycle II there was an increase to 85%. Based on the observation results of student activity in cycle I, student activity was obtained by 62.63% with category "Less" and in cycle II there was an increase in student activity to 83.13% with the category "Good". As for the observation of teacher ability in cycle I obtained an average score of 2.8 with the category "Good Enough" and in cycle II increased to get an average score of 3.4 with the category "Good".
PENGARUH PENERAPAN PMR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN RESPON SISWA SMP PADANGSIDIMPUAN yuni rhamayanti; robi nastain; mhd fahmi lubis
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 2 (2021): JURNAL CERMATIKA, VOLUME 1, NOMOR 2, OKTOBER 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMP as the subject of this research is based on the consideration that the cognitive level is still in the transitional stage from concrete to formal operations so that it is suitable for the implementation of PMR. This study aims to 1) determine the effect of implementing PMR learning on improving students' mathematical communication skills, and 2) knowing student responses during the process of implementing PMR learning. This research is a quasi-experimental research. The design used in this study was a pretest posttest control group design. In this design, there are two groups selected randomly, then given a pretest to determine the extent to which students are ready to receive learning, while the posttest is used to measure students' mathematical communication skills after being given treatment. The research instrument used tests and non-tests. The test used is a test of students' mathematical communication skills in the form of description questions, while the non-test used is a student response questionnaire. Before the test was used, the Expert test and Instrument Trial were conducted at SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. The results showed that there was an effect of the application of PMR on the improvement of students' mathematical communication skills. The increase in the mathematical communication ability of the experimental class was 0.63 in the medium category and the control class was 0.24 in the low category. The results of the calculation of student responses to PMR components and activities are 95.55%, this shows a positive student response because the average percentage is > 80%. Based on the results of this study, it is hoped that the application of PMR can be used as an alternative for mathematics teachers to be developed as an effective learning strategy so that mathematics communication skills and student responses are better.
PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA MANDIRI Nurhawani Sitompul; elvi rosalinda siagian; fatima sari; khoirunniasa .; yuni rhamayanti
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 2 (2021): JURNAL CERMATIKA, VOLUME 1, NOMOR 2, OKTOBER 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Basically, the use of E-learning in mathematics education is broad, both as a medium of learning in the classroom and as a medium for independent learning. Utilization of E-Learning will improve learning outcomes indirectly. Thus, it is hoped that the internet speed available on the campus, especially the Graha Nusantara University (UGN) Padangsidimpuan, is very good so that the implementation of self-learning based on E-Learning can run smoothly. In addition, all training is needed in the context of socializing the development of E-Learning learning methods so that students have effective thinking patterns and accept E-Learning as an alternative learning and evaluation in teaching and learning.