AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 3 (2022): FEBRUARI-MARET TAHUN 2022

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN PADA SISWA SMA

Rahman, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui media Animasi Kartun pada mata pelajaran menulis paragraf narasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus dimana disetiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sebatik, yang berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 40,90 dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,27 persen. Temuan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media animasi kartun dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Dengan demikian, direkomendasikan kepada guru dan praktisi pendidikan untuk memanfaatkan media animasi kartun dalam pembelajaran keterampilan menulis teks/paragraf narasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUFKLARUNG

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published by Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published 6 (six) times a year in November (October-November ...