Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui media Animasi Kartun pada mata pelajaran menulis paragraf narasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus dimana disetiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sebatik, yang berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 40,90 dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,27 persen. Temuan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media animasi kartun dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Dengan demikian, direkomendasikan kepada guru dan praktisi pendidikan untuk memanfaatkan media animasi kartun dalam pembelajaran keterampilan menulis teks/paragraf narasi.
Copyrights © 2022