cover
Contact Name
Abdul Wahid
Contact Email
aufklarungetdc22@gmail.com
Phone
+6285395517466
Journal Mail Official
aufklarungetdc22@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bumi 18 Blok A 15 No. 1 Bumi Permata Hijau RT. 006/RW. 003 Kel. Gunung Sari Kecamatan Rappocini, Kota Makassar SULAWESI SELATAN, INDONESIA
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
ISSN : 28087674     EISSN : 28087100     DOI : -
Core Subject : Education,
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published by Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published 6 (six) times a year in November (October-November edition), January (December-January edition), March (february-march edition), May (april-may edition), July (June-Juli edition), and September (Agustus-September edition) , contains articles/articles of thought and research written by experts, scientists, practitioners, and reviewers/reviewers on research results, conceptual ideas, study and application of theory, literature review, and book reviews.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 132 Documents
ANALISIS KEKERASAN VERBAL DALAM SINETRON “SUARA HATI ISTERI” Rahim, Abd. Rahman
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2021
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya televisi memegang peranan penting dalam sebuah rumah tangga karena media televisi dapat berfungsi sebagai informasi, hiburan, dan sebagai media pendidikan. Akan tetapi tidak semua sinetron yang ditayangkan di media televisi tersebut luput dari sisi negatif. Salah satu sinetron yang cukup diminati oleh penonton, khususnya kaum ibu, adalah sinetron Suara Hati Isteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk kekerasan verbal yang ditemukan dalam sinetron “Suara Hati Isteri”. Data dalam penelitian ini adalah setiap tuturan atau pernyataan yang mengandung unsur kekerasan verbal (umpatan, hiperbola, eufimisme, stigmatisasi, asosiasi ) sedangkan sumber datanya adalah Sinetron Suara Hati Istri yang disiarkan di Indosiar dan diungah di canal youtube. Dalam penelitian ini ada beberapa langkah yang digunakan untuk pengumpulan dan analisis data. (1) menyimak secara saksama sinetron Suara hati istri (2) mentranskripsi data yang mengandung kekerasan verbal. (3) mengklasifikasi data berdasarkan jenis kekerasan verbal. (4) Menandai bentuk disfemisme dengan huruf tebal agar memudahkan peneliti dalam melakukan analisis. (5) menginterpretasi data sesuai teori yang dijadikan pisau bedah. Kekerasan verbal adalah kekerasan yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain yang mencerminkan tindakan agresi dan penyerangan (www.wikipedia.com). Kekerasan verbal dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain melalui kata-kata, baik yang tertulis maupun lisan. Kata-kata tersebut mengandung unsur, seperti: 1. Cacian, 2. Hinaan, 3. Sumpah serapah, dan 4. Sindirian. Tidak jarang akibat kekerasan verbal tersebut seseorang merasa marah sehingga dapat menimbulkan percekcokan dan perkelahian antara penutur dan lawan tutur. Kekerasan verbal merupakan “kekerasan terhadap perasaan”. Mengeluarkan kata kata kasar tanpa menyentuh fisik, kata-kata yang memfitnah, kata-kata yang mengancam, menakutkan, menghina atau membesar-besarkan kesalahan orang lain merupakan bentuk dari kekerasan verbal. Bentuk kekerasan verbal dapat terwujud dalam tindak tutur seperti memaki, membentak, mengancam, menghujat, mengejek, melecehkan, menjelek-jelekkan, mengusir, memfitnah, menyudutkan, mendiskriminasikan, mengintimidasi, menakut-nakuti, memaksa, menghasut, membuat orang lain malu,menghina, dan lain sebagainya.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAKAPIN (PAPAN KANTONG PINTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Akhir, Muhammad; Agus, M.; Sanytiara, Wulan
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2021
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pakapin (papan kantong pintar) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDI Parangrea Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok dan perbandingan tetapi dilakukan tes awal. Sampel pada penelitian ini adalah kelas II dengan jumlah 26 siswa, 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata sebelum diberi perlakuan adalah 51,53% dan setelah diberi perlakuan menjadi 81,92% dengan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung=16,17>ttabel=1,708. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian berbunyi “Ada Pengaruh penggunaan media pakapin (papan kantong pintar) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDI Parangrea Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa” dinyatakan diterima. Hal ini berarti penggunaan media pakapin (papan kantong pintar) berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDI Parangrea Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.
KLASIFIKASI BUNYI LEKSIKON DI DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH KABUPATEN GOWA S., Sahriana; Munirah, Munirah; Jam'an, Andi
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2021
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan bunyi leksikon di wilayah dataran tinggi dan dataran rendah untuk mengetahui perbedaan bunyi leksikon pada penutur masyarakat Gowa yang ada di wilayah dataran tinggi dan dataran rendah dengan mengkaji perbedaan kosakata. Penelitian ini dianalisis tentang leksikon berwujud kata monomorfemis kata monomorfemis yang terdiri atas afiksasi (prefiks, konfiksasi, morfem bebas, dan reduplikasi), leksikon berwujud kata polimorfemis (afiksasi (imbuhan), reduplikasi (pengulangan) dan Leksikon kata struktur frasa (nominal, verbal, dan adjektiva). Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti bunyi leksikon rumah dan bagianbagiannya terdapat 48 bunyi leksikon, peralatan dan perlengkapan terdapat 44 bunyi leksikon, makanan dan minuman terdiri dari 38 bunyi leksikon, tumbuhtumbuhan,bagian buah, dan hasil olahannya 76 bunyi leksikon, binatang dan bagianbagiannya 59, penyakit 29 bunyi leksikon, leksikon struktur frasa (frasa nominal) 21 bunyi leksikon, (frasa verbal) 18 bunyi leksikon, (frasa adjektiva) 24 bunyi leksikon yang dibagi atas 4 wilayah yaitu dataran tinggi (Parangloe dan Manuju) dan dataran rendah (Pallangga dan Bontonompo).
TELAAH MAKNA PERIBAHASA DALAM BAHASA MAKASSAR Rahmadani, Suci Indah; Rimang, St. Suwadah; Ulviani, Maria
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2021
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Telaah Pustaka dengan model pendekatan kualitatif untuk menyajikan data dari makna Peribahasa Makassar, Tehnik pengumpulan data melalui data primer yakni KBBI dan pengumpulan data melalui data sekunder yang didapat dari bahan-bahan yang mendukung sumber primer seperti junal, ilmiah yang berkaitan dengan judul skripsi, buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi, yakni dengan cara mencari, mengumpulkan, menguraikan dan memilih data yang relevan dengan kategori dasar yang sesuai dengan fokus permasalahan kemudian diteliti dengan cermat. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah buku Peribahasa Makassar. Hasil dari penelitian ini, peneliti berhasil meneliti 50 peribahasa Makassar bermakna kias dan 23 peribahasa bermakna konotatif (makna sebenarnya).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MANDAI: IMPROVING NEWS TEXT WRITING SKILLS USING THE GROUP INVESTIGATION MODEL IN GRADE VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 5 MANDAI Dahlan, Muhammad; Wahid , Abdul
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 2 No. 5 (2023): JUNI-JULI TAHUN 2023
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/aufklarung.v2i5.125

Abstract

Masalah utama dalam peneltian ini yaitu bagaimana meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita menggunakan model group investigation pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mandai. Jenis peneltian ini adalah jenis penilitian tindakan kelas. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu meningkatnya jumlah siswa dalam menyimak penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, kerjasama dalam kelompok dan mengajukan tanggapan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 69,2% dan pada siklus II sebesar 83,58%. Sehingga penerapan model group investigation dapat meningkatkan frekuensi keaktifan dan aktifitas dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pengamatan siswa selama pelaksanaan peneltian tindakan kelas cukup dua siklus.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN PADA SISWA KELAS VII SMP UNISMUH MAKASSAR Paida, Andi
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2021
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Media Animasi Kartun pada mata pelajaran menulis paragraf narasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan media animasi kartun untuk meningkatkan hasil belajar menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana disetiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar yang terdiri atas 22 Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus II dengan target ketuntasan minimal, yaitu 75,00. Nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 40,90, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,27 persen. Keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari jumlah ketuntasan siklus I sebesar 40,90 persen, dan siklus II meningkat menjadi 77,27 persen. Perilaku siswa juga mengalami perubahan yang positif selama mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi melalui media animasi kartun.Siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar menulis paragraf narasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , guru Bahasa Indonesia disarankan untuk menggunakan media animasi kartun dalam pembelajaran menulis paragraf narasi.
KAJIAN FEMINISME DALAM NOVEL WANITA BERKARIR SURGA KARYA FELIX SILAUW Jahtrawati, Andi Putri
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 2 (2022): DESEMBER-JANUARI TAHUN 2022
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/aufklarung.v1i2.127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian feminisme dalam Novel Wanita Berkarir Surga Karya Felix Siauw. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis struktural yang beralur. Data penelitian ini adalah data yang diambil dari novel yang berjudul wanita Berkarir Surga Karya Felix Silauw yang di terbitkan pada tahun 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca, mencatat, dan menarik kesimpulan. Data penelitian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa Novel wanita berkarir surga menganggap feminisme merupakan paham yang salah untuk dibenarkan. Kajian feminisme dalam novel wanita berkarir surga menganggap bahwa feminisme merupakan paham yang menyesatkan bagi wanita muslimah. Terdapat banyak kajian dalam novel wanita berkarir surga yang menentang paham feminisme. Feminisme sebuah gerakan dari kaum wanita atau pria untuk menghapuskan perilaku bias gender dan menyamaratakan antara pria dan wanita. Gerakan feminisme ini muncul akibat kesadaran bahwa wanita ditindas dan dieksploitasi. Maka dari itu, muncul banyak argument yang mengisyaratkan jika pria boleh wanita juga boleh, jika pria bisa tentu wanita juga bisa, pria dan wanita seharusnya punya hak yang sama, maka kami butuh kesetaraan. feminisme menuduh Islam mendiskriminasi wanita. Ada beberapa poin yang dalam hal ini pria lah yang banyak memiliki keuntungan diantaranya batasan aurat, rumah tangga, poligami, talaq, dan warisan, arti feminisme tanpa sadar menjadikan materi sebagai tolak ukur, lalu berlomba dengan pria untuk memperebutkan standar tersebut. Akibat feminisme, peran wanita di dalam rumah tangga menjadi terganggu, percekcokan melonjak, kondisi psikologi anak terganggu, kegagalan instansi atau lembaga rumah tangga naik drastis. Islam sebagai solusi dalam paham feminisme yang dinilai tidak sejalan. Islam sangatlah memuliakan dan menjaga wanita bahkan dari anak-anak sampai akhir hayat. Manusia diciptakan sebagaimana fitrahnya sebagaimana jelas bahwa pria dan wanita dilahirkan berbeda, dalam buku ini dijelaskan perbedaan-perbedaan antara wanita dan laki-laki disertai pandangan Islam sehingga paham feminisme tidak dibenarkan dalam Novel Wanita Berkarir Surga.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN KEMBALI POKOK-POKOK BERITA MELALUI METODE DISKUSI TEKNIK BUZZ GROUPS : Improving the Ability to Restate News Topics Through Discussion Methods and Buzz Group Techniques Ebe, Andi
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 2 No. 6 (2023): AGUSTUS-SEPTEMBER TAHUN 2023
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/aufklarung.v2i6.157

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan mengemukakan kembali pokok berita melalui metode diskusi teknik buzz groups siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tosora Kabupaten Wajo. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tosora Kabupaten Wajo. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Tosora Kabupaten Wajo dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyimak berita mengalami peningkatan pada saat proses pembelajaran. Siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembalajaran ke arah positif. Selama proses pembelajaran keadaan kelas kondusif dan siswa tampak serius dalam belajar, siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran menyimak berita. Sebagian besar siswa sangat antusias dalam menyimak berita. Siswa menyimak dengan penuh konsentrasi dan sungguh-sungguh. Siswa aktif mengungkapkan hasil simakannya dalam kelompok. Hasil evaluasi pembelajaran menyimak berita melalui penerapan metode diskusi teknik Buzz Groups menunjukkan peningkatan. Hasil analisis tes kemampuan menyimak berita menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,5 dan termasuk dalam kategori sedang mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 84,9 dan termasuk dalam kategori tinggi.
PENALARAN KARANGAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR: REASONING OF INDONESIAN LANGUAGE ESSAY BY STUDENTS OF INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE DEPARTMENT, MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MAKASSAR Iskandar, Iskandar
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 2 No. 5 (2023): JUNI-JULI TAHUN 2023
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/aufklarung.v2i5.173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan wujud penalaran karangan mahasiswa semester IV Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa teks tulis yang ditulis subjek. Sumber data penelitian ini ialah karangan mahasiswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik catat. Adapun analisis data dalam penelitian terdiri atas empat kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan, dan pengujian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia menulis karangan dengan menggunakan bentuk penalaran deduktif dan indiuktif. Jumlah mahasiswa yang mengarang dengan penalaran deduktif lebih banyak daripada mahasiswa yang menggunakan penalaran induktif. Selain itu, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiah Makassar pada umumnya menggunakan pola penalaran yang tediri atas silogisme, generalisasi, analogi, dan hubungan kausal. Pola penalaran yang paling banyak digunakan adalah pola silogisme.
STUDI KASUS: KESULITAN MEMBACA SISWA SMP KELAS VII (INKLUSI X TARAKAN) Ilham, Muhammad; Sukri Ahmad, Muhammad; Ani Wijiati, Iva
AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Vol. 1 No. 2 (2022): DESEMBER-JANUARI TAHUN 2022
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/aufklarung.v1i2.252

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pengamatan guru Bahasa Indonesia terhadap siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca. Kasus ini terlihat ketika sedang proses pembelajaran. Saat guru meminta siswa tersebut untuk membaca justru siswa tersebut terlihat gugup dan merasa ketakutan.Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk memberikan bantuan penyembuhan mengenai kesulitan membaca yang dialami oleh siswa X. Di antaranya identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, remedial dan evaluasi. Hasil penelitian studi kasus ini menunjukkan (1) kesulitan membaca yang dialami oleh siswa X karena faktor kurangnya motivasi siswa untuk belajaran (2) kurangnya perhatian atau motivasi orang-orang di sekitarnya terhadap peningkatan kempauan membaca siswa X (3) orang tua siswa X terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat memerhatikan siswa X tersebut (4) sejak duduk di sekolah dasar siswa X tersebut sudah tinggal bersama kakek dan neneknya sehingga menambah anak tersebut tidak memerhatikan pelajarannya (5) siswa X. Sehingga siswa X tersebut (1) memerlukan motivasi dari orang orang di sekitarnya (2) haus menggunakanpendekatan, pelayanan, metode pembelajaran yan tepat agar siswa X tersebut tidak merasa terbebani dalam proses pemebajaran

Page 1 of 14 | Total Record : 132