Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi siswa SMA Negeri 1 Sebatik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sebatik sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMA Negeri 1 Sebatik yang ditandai dengan menigkatnya keterampilan berbicara siswa dari siklus I dari skor rata-rata 66,60 yang tuntas 40,54% dan yang tidak tuntas 59,45%. Pada siklus II skor rata-rata 81,09 yang tuntas 91,89% yang tidak tuntas 8,11%. Demikian juga kehadiran siswa, siswa yang memperhatikan penjelasan guru, siswa yang dapat bekerjasama dengan pasangannya, siswa yang aktif memberikan komentar terhadap materi yang diberikan oleh guru, siswa yang dapat memberikan ide pokok dalam ringkasannya, siswa yang dapat menyimak, dan siswa yang dapat membantu mengingatkan ide-ide yang disampaikan pasangannya mengalami peningkatan di siklus II. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara siswa SMA Negeri 1 Sebatik meninggkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022