Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis teks berita persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMP Unismuh Makassar dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I, jumlah nilai yang diperoleh dari kelas VIII A1 sebesar sebanyak 1.264 dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 63,2 masuk di kategori kurang baik, sedangkan jumlah nilai yang diperoleh dari kelas VIII A2 sebanyak 1.313 dan jika dirata-ratakan nilai yang didapatkan sebesar 65,65 masuk di kategori kurang baik. Pada siklus II, jumlah nilai yang diperoleh dari kelas VIII A1 sebanyak 1.608 dengan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 80,4 masuk di kategori baik, sedangkan jumlah nilai yang diperoleh dari kelas VIII A2 sebanyak 1.812 dan jika dirata-ratakan nilai yang didapatkan sebesar 90,6 masuk di kategori sangat baik.
Copyrights © 2023