AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Vol. 3 No. 1 (2023): OKTOBER-NOVEMBER TAHUN 2023

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 44 DAMPANG KABUPATEN BULUKUMBA: THE EFFECT OF THE READING ALOUD LEARNING METHOD ON THE READING ABILITY OF GRADE II STUDENTS OF SDN 44 DAMPANG, BULUKUMBA DISTRICT

Azizah, Riska (Unknown)
Sulfansyah (Unknown)
Akib, Tasrif (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Reading Aloud terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas II SDN 44 Dampang Kabupaten Bulukumba dengan mengacu pada lembar observasi dan hasil belajar siswa yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan design one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 44 Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan sampel jenuh. Siswa yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN 44 Dampang yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis data inferensial yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian pengaruh model pembelajaran reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II SDN 44 Dampang Kabupaten Bulukumba, diperoleh sebuah kesimpulan yaitu model pembelajaran reading aloud berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest yang memiliki rata-rata 80,7 jauh berbeda dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 65,35. Hasil hipotesis penelitian ini diperoleh thitung > ttabel atau 6,667 > 1,72913. Sedangkan nilai sig (2-tailed) diperoleh 0.000 maka 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran reading aloud terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 44 Dampang Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AUFKLARUNG

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published by Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published 6 (six) times a year in November (October-November ...