Sanger: Social, Administration and Government Review
Vol. 1 No. 2 (2023): Sanger Journal: Social, Administration and Government Review

Pengentasan Cyber bullying di Sekolah: Strategi Pencegahan dan Intervensi Berbasis Bukti

Nisa Humaira (Unknown)
Siti Nur Zalikha (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Cyber bullying, sebagai bentuk perundungan dalam ranah digital, semakin meresahkan di erateknologi informasi. Media digital seperti ponsel, komputer, dan tablet menjadi alat utama untukmenyebarkan konten merugikan melalui SMS, aplikasi pesan instan, media sosial, forum online, dankomunitas game online. Platform media sosial menjadi tempat utama terjadinya cyber bullying, denganmudahnya individu mengakses, berpartisipasi, atau memicu perundungan secara massal. Dampaknya tidakhanya individu, tetapi juga mengganggu proses belajar di sekolah dan merusak iklim sekolah secarakeseluruhan. Pentingnya penanganan serius terhadap cyber bullying di dunia pendidikan melibatkankolaborasi semua pihak, termasuk siswa, guru, staf sekolah, dan orang tua. Strategi pencegahan, edukasi,serta kebijakan dan prosedur yang jelas diperlukan. Metode penelitian kualitatif digunakan dalampenyusunan jurnal ini, dengan pendekatan studi literatur untuk memahami konsep cyber bullying danstrategi penanganannya. Implikasi dari fenomena ini membutuhkan kerjasama lintas sektor, melibatkanpemerintah, dinas pendidikan, sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Pendekatan holistik danberkelanjutan, didukung oleh peraturan pemerintah yang jelas, dukungan teknis, pelatihan, dan partisipasisemua stakeholder, diperlukan untuk mengatasi kompleksitas cyber bullying.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sanger

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Sanger Journal: Social, Administration and Government Review with registration number ISSN 3048-1589 (online) is an open access journal with double-blind peer-reviewed. The main purpose of this journal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various ...