Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evolusi Learning Management System (LMS) di era pasca-pandemi COVID-19, dengan fokus pada tren hybrid learning, desain mobile-first, dan microlearning. Kebaruan – Kebaruan studi ini terletak pada pendekatan SLR terhadap literatur akademik terkini (2020–2024), yang masih jarang diteliti dalam konteks transformasi LMS pasca-pandemi. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan panduan PRISMA, mencakup seleksi sistematis dan analisis mendalam terhadap 15 artikel ilmiah relevan. Temuan – Hasil kajian menunjukkan bahwa LMS telah mengalami transformasi signifikan, mencakup integrasi teknologi sinkron dan asinkron dalam hybrid learning, desain antarmuka responsif untuk perangkat seluler, serta optimalisasi konten singkat dan interaktif melalui pendekatan microlearning. Keterbatasan dan Implikasi – Keterbatasan studi ini terletak pada jumlah sumber yang terbatas dan cakupan yang belum mewakili seluruh konteks geografis dan institusional. Namun demikian, temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan LMS yang lebih fleksibel, personal, dan berbasis data dalam mendukung sistem pendidikan yang adaptif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025