FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 27 No. 2 (2025): April

Pengaruh Persepsi Negara Asal, Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Konsumen melalui Citra Merek

Setiawan, Iwan (Unknown)
Syahran (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi negara asal, persepsi kualitas, citra merek, dan minat beli, serta mengevaluasi apakah pengguna smartphone asal China di Kota Tarakan memiliki pandangan positif terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dari responden dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini dilakukan pada masyarakat Kota Tarakan, khususnya pengguna smartphone asal China dengan rentang usia 17-45 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya jumlah pengguna smartphone asal China di wilayah tersebut mencerminkan kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap produk-produk dari China. Hal ini didukung oleh faktor-faktor seperti reputasi persepsi negara asal, persepsi kualitas, dan citra merek yang positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi negara asal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, meskipun tidak berdampak signifikan terhadap citra merek. Sementara itu, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, tetapi tidak terhadap minat beli. Selain itu, persepsi negara asal dan persepsi kualitas secara signifikan memengaruhi minat beli melalui citra merek sebagai variabel mediasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi is a scientific journal that focuses on research and studies in the fields of economics, management, and accounting. This journal is published periodically four times a year, namely in January, April, July, and October. This journal is managed ...