Keterampilan membaca sangat penting dalam pendidikan, terutama di sekolah dasar. Siswa yang memiliki kemampuan membaca yang sangat baik tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi akademik, tetapi juga memperkuat kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan membuat kesimpulan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa sekolah dasar tidak tertarik dengan membaca. Banyak faktor internal dan eksternal memengaruhi minat baca yang rendah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Gagasan pada tinjauan pustaka digunakan untuk meninjau sepuluh artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2022 dan 2025. Metode ini digunakan untuk menemukan dan menganalisis berbagai pendekatan yang telah digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Diharapkan bahwa dengan menerapkan pendekatan yang tepat dan mendapatkan dukungan dari berbagai sumber, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca sejak dini.
Copyrights © 2025