pembelajaran menulis cerpen dianggap pembelajaran yang sulit karena tidak adanya motivasi dan inspirasi untuk siswa menuangkan idenya. Namun perkembangan media pembelajaran bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektian penggunaan media tayangan film pendek Seutas Kenangan Karya Paniradya Kaistimewan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sukasari. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IX dengan daftar unit sumpling yaitu kelas IX A sebagai sampel dengan jumlah 28 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk One-GrupPretest-Posttest Design. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media tayangan film pendek Seutas Kenangan Karya Paniradya Kaistimewan efektif terhadap kemampuan menulis cerpen dengan pengujian uji Paired sampel T-test pada kelas eksperimen yang memperoleh nilai signifikasni sebesar 0,001 < 0,05. Artinya, nilai sig<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tayangan film pendek Seutas Kenangan Karya Paniradya Kaistimewan ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sukasari sehingga efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2025