Penelitian di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi di kelas V SD Negeri 96 Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo King terhadap hasil belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD N 96 Palembang. Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan responden sebanyak 30 orang dengan sampel sebanyak 14 orang untuk kelas kontrol dan 16 orang untuk kelas eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan pretest-posttest kontrol grup design. Data yang dikumpulkan pada penelitian menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent simple t test dengan perolehan rata rata pada posttest pada kelas eksperimen lebih besar yaitu 83.63 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 61.79 serta hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t terhadap kedua kelompok memperoleh hasil, thitung = 9,591 sedangkan ttabel = 1,701. Dengan demikian thitung > ttabel (9.591 > 1,071) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Ludo King terhadap hasil belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 96 Palembang.
Copyrights © 2024