Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Penggunaan Media Ludo King terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 96 Palembang

Andini Aprilinsih (Universitas PGRI Palembang)
Sukardi Sukardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi di kelas V SD Negeri 96 Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo King terhadap hasil belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD N 96 Palembang. Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan responden sebanyak 30 orang dengan sampel sebanyak 14 orang untuk kelas kontrol dan 16 orang untuk kelas eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan pretest-posttest kontrol grup design. Data yang dikumpulkan pada penelitian menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent simple t test dengan perolehan rata rata pada posttest pada kelas eksperimen lebih besar yaitu 83.63 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 61.79 serta hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t terhadap kedua kelompok memperoleh hasil, thitung = 9,591 sedangkan ttabel = 1,701. Dengan demikian thitung > ttabel (9.591 > 1,071) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Ludo King terhadap hasil belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 96 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...