Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Pemahaman Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Lilin

Afifah, Afifah (Unknown)
Riyoko, Endie (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman matematis siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen (experimental research). Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi-experiment, dengan bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel: kelas IV.A sebagai kelas kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yang mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan metode Independent Sample T-Test. Hasil perhitungan menunjukkan thitung = 7,685, ttabel = 1,895, serta nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000. Karena 7,685 > 1,895 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman matematis siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...