Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman matematis siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen (experimental research). Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi-experiment, dengan bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel: kelas IV.A sebagai kelas kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yang mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan metode Independent Sample T-Test. Hasil perhitungan menunjukkan thitung = 7,685, ttabel = 1,895, serta nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000. Karena 7,685 > 1,895 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman matematis siswa kelas IV di SD Negeri 03 Sungai Lilin.
Copyrights © 2025