Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing sebagai upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XI-9 SMA Negeri 21 Surabaya

Sari, Elma Bulan Amilina (Unknown)
Listyaningsih, Listyaningsih (Unknown)
Estuningsih, Kristiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Pokok permasalahan penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 21 Surabaya yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Keadaan ini berpengaruh pada kemandirian belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian belajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Model penelitian menggunakan model penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI-9 SMA Negeri 21 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemandirian belajar. Jenis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Peningkatan terjadi pada setiap siklus mengalami peningkatan sebesar 35,7% pada siklus I rata-rata 53,7% (Cukup Mandiri) pada dan siklus II 89,4% (Sangat Mandiri). Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kemandirian belajar di kelas XI-9 SMA Negeri 21 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...