Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Filologi, Transformasi Teks, dan Filsafat Pendidikan: Strategi Pelestarian Budaya dalam Konteks Pendidikan Kontemporer

Elmustian, Elmustian (Unknown)
Firdaus, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Dalam konteks perkembangan teknologi digital yang pesat, filologi—disiplin yang berfokus pada studi naskah kuno dan teks —menghadapi serangkaian tantangan yang signifikan. Di Indonesia, harapan untuk meningkatkan akses terhadap naskah kuno melalui digitalisasi sering kali bertentangan dengan kenyataan di lapangan. Banyak naskah berharga masih terpendam dalam bentuk fisik dan nonfisik (teks). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi filologi dalam era digital dan menyelidiki bagaimana transformasi digital dapat memperkaya metode pelestarian serta pengajaran naskah kuno dan teks-teks. Mengadopsi pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi pustaka. Data dikumpulkan dari literatur yang relevan dan dianalisis melalui thematic analysis. Temuan kajian menunjukkan bahwa meskipun digitalisasi membuka peluang untuk akses yang lebih luas, tantangan terkait infrastruktur yang terbatas dan pendekatan pendidikan yang tradisional menghambat kemajuan yang diinginkan. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi lintas disiplin untuk meningkatkan efektivitas upaya pelestarian naskah. Dengan mengusulkan integrasi teknologi digital ke dalam kurikulum pendidikan filologi, studi ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan meningkatkan aksesibilitas terhadap warisan budaya. Hasil ini menegaskan perlunya dukungan yang lebih substansial dari pemerintah dan sektor swasta dalam mewujudkan potensi filologi di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...